Senin, 24 September 2012

Bakteri dan Manusia



Pengetahuan tentang bakteri adalah hasil dari penelitian tentang penyakit-penyakit yang mereka sebarkan pada manusia. Bakteri digunakan dalam industri makanan, lingkungan, dan kimia.

1. Bakteri dan Kesehatan
Banyak orang berpikir bahwa bakteri adalah kuman penyebab penyakit. Ilmu yang mempelajari penyakit disebut patologi. Bakteri penyebab penyakit disebut patogen. Beberapa bakteri menyebabkan penyakit dan memproduksi racun yang disebut toksin.
Toksin dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :
a. Eksotoksin
b. Endoktoksin
2. Peranan Bakteri bagi Kehidupan
Bakteri mempunyai peranan yang sangat besar bagi kehidupan, baik menguntungkan maupun yang merugikan.
a. Bakteri yang menguntungkan
contohnya :
Bakteri yang bermanfaat dalam reproduksi bahan makanan, seperti :  Lactobacillus casei dan Lactobacillus bulgarius => untuk membuat yoghurt.
b. Bakteri yang merugikan
contohnya :
Bakteri yang menyebabkan penyakit manusia, seperti : Diplococcus pneumoniae penyakit pneumonia bentuknya seperti bola dan tempat infeksi atau terjadinya bakteri berada didalam paru-paru.
Jadi bakteri berperan besar dalam kehidupan, baik menguntungkan maupun merugikan. Menguntungkan misalnya dalamproduksi bahan makanan, penghasil antibiotik, dan penyubur tanah. Merugikan misalnya merusak bahan makanan, menyerang tanaman, dan penyebab penyakit.
Tahukah Kamu ?
Resistensi bakteri juga disebabkan oleh penggunaan antibiotika yang tidak tepat. Sering kali pemberian antibiotika dihentikan bila gejala penyakit menghilng. Pada kenyataannya, bakteri tersebut hanya menjadi lemah tetapi belum mati.
Sumber :
Ensiklopedi Umum untuk pelajar jilid 1, 2005 : 101
RadioSaputro. 1998. Zoologi. Jakarta : Erlangga
Kimball, John W. 1990. Biologi Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar